Nama Mata Kuliah : Matematika Teknik I
Kode Mata Kuliah / sks : EE 101/ 4 sks
Status mata kuliah :
Wajib
Semester / Tahun akademik : I/
Gasal 2012-2013
Mata Kuliah Pra-/Ko-syarat : (P) ------
(K) ------
Dosen Pengampu :
Yuliati, S.Si, MT
Deskripsi Mata Kuliah : Matakuliah ini berisi pengetahuan
dasar matematis untuk digunakan dalam menganalisis masalah dasar keteknikan
menjadi model matematis.
Standar kompetensi /
Capaian pembelajaran : Mahasiswa mampu :
1.
Mengubah masalah dalam
bidang teknik menjadi bentuk model matematis.
2.
Berpikir secara logis.
3.
Bekerjasama dan presentasi
di dalam kelas.
Sumber
Pustaka :
1. Dale
Varberg & Edwin J Purcell. 2007. Calculus
with Analytic Geometry 9th Edition. Prentice Hall International.
2.
Thomas B. George, Finney L. Ross. 2007. Calculus
9th Edition.
Rincian kegiatan :
Mgg
Ke-
|
Kompetensi dasar/ Kemampuan akhir yang akan dicapai
|
Bahan Kajian
(materi ajar)
|
Sumber pustaka
|
Model Pembelajaran
|
Media Pembelajar-an
|
Kriteria Penilaian
(Indikator)
|
Bentuk evaluasi
|
Bobot penilai-an
|
|
Pokok bahasan
|
Sub pokok bahasan
|
||||||||
1(1)
|
Mahasiswa
memahami maksud dan tujuan pembelajaran dengan pendekatan Student Centered Learning
(SCL)
|
Pedoman
Pelaksanaan SCL
|
Penjelasan pelaksanaan
pengajaran dengan SCL, aturan dan norma norma per kuliahan, jenis tugas, dan
penilaiannya
|
Presentasi dari
dosen pengasuh
|
Ceramah+
Diskusi
|
LCD projector, papan tulis.
|
-
|
-
|
-
|
1(2)
|
Mahasiswa mampu
menghitung operasi-operasi pada sistem bilangan real
|
Sistem Bilangan
Real
|
Pendahuluan; Sistem Bilangan real, Desimal, Kalkulator, Estimasi
Pertidaksamaan.
Nilai absolut, akar kuadrat, kuadrat, sistem koordinat
kartesian, garis lurus, menggambar grafik persamaan
|
(1)
|
Presentasi dan
Diskusi kelompok Informal
(Dosen
menjelaskan secara garis besar tentang materi “Sistem Bilangan Real”,
mahasiswa diberikan tugas diskusi kelompok “membuat 5 contoh soal beirkut pembahasannya
tentang operasi pada system bilangan real ”, mahasiswa diskusi dalam kelompok
kecil, hasil diskusi dipresentasikan di depan kelas.
|
LCD projector, papan tulis, kalkulator.
|
Mahasiswa mampu
menyelesaikan tugas dan latihan soal dengan benar
|
Tes pendek, pekerjaan rumah untuk berlatih soal-soal
|
5%
|
2(1)
2(2)
|
|||||||||
3(1)
3(2)
|
Mahasiswa mampu
menggambarkan fungsi, menghitung nilai dari suatu operasi fungsi dan
menghitung nilai limit suatu fungsi.
|
Fungsi dan
Limit
|
Fungsi dan grafiknya, operasi fungsi
Fungsi Trigonometri, fungsi transenden,
Limit fungsi, Kontinyuitas fungsi.
|
(1) dan (2)
|
Dosen
menjelaskan secara garis besar tentang materi “Fungsi dan Limit”, mahasiswa
diberikan tugas diskusi kelompok “membuat 5 contoh soal berikut pembahasannya tentang fungsi dan
limit ”, mahasiswa diskusi dalam kelompok kecil, hasil diskusi
dipresentasikan di depan kelas.
|
LCD projector, papan tulis, kalkulator.
|
Mahasiswa mampu
menyelesaikan tugas dan latihan soal dengan benar
|
Tes pendek, pekerjaan rumah untuk berlatih soal-soal
|
5%
|
4(1)
4(2)
|
|||||||||
5(1)
5(2)
|
Mahasiswa mampu
menghitung turunan dari suatu fungsi
|
Turunan Fungsi
|
Dua masalah dengan satu tema, turunan, Aturan turunan.
Turunan sinus dan cosinus, aturan rantai, notasi Leibniz.
Turunan tingkat tinggi, Differensial implisit
Diferensial dan aproksimasi.
|
(1) dan (2)
|
1. Presentasi dan Diskusi dalam kelompok
kecil
2. Tiap kelompok membahas materi
sesuai dengan yang telah ditentukan oleh dosen pada bab ini.
3. Dosen menjelaskan kembali
point-point penting tentang materi “ Turunan Fungsi”.
4. Dosen memberikan kesimpulan
tentang materi yang telah dipresentasikan oleh mahasiswa.
|
LCD projector, papan tulis
|
Berdasarkan
kriteria dari RUBRIK penilaian presentasi mahasiswa yang telah dibuat oleh
dosen .
|
Tes pendek, pekerjaan rumah untuk berlatih soal-soal
|
15%
|
6(1)
6(2)
|
|||||||||
7(1)
|
|
Kuis I
|
Materi Kuis meliputi BAB 1, 2, 3
|
(1)
|
|
|
Mahasiswa mampu
menyelesaikan soal kuis I dengan benar
|
Tes tertulis, buka rumus 1 hal A4
|
15%
|
7(2)
|
Mahasiswa mampu
menerapkan teori tentang turunan fungsi
|
Penerapan
Turunan
|
Penerapan turunan: maksima minima, kemonotoan dan
kekonkavan.
Maksimum dan minimum lokal, Lebih banyak maksimum minimum,
penerapan dalam ekonomi
Limit menuju tak hingga, limit tak hingga
Penggambaran grafik canggih, Teorema nilai rata-rata.
|
(1) Dan (2)
|
1. Presentasi dan Diskusi dalam kelompok
kecil
2. Tiap kelompok membahas materi
sesuai dengan yang telah ditentukan oleh dosen pada bab ini.
3. Dosen menjelaskan kembali
point-point penting tentang materi “ Penerapan Turunan Fungsi”.
4. Dosen memberikan kesimpulan
tentang materi yang telah dipresentasikan oleh mahasiswa.
|
LCD projector, papan tulis
|
Berdasarkan
kriteria dari RUBRIK penilaian presentasi mahasiswa yang telah dibuat oleh
dosen .
|
Presentasi, pekerjaan rumah untuk berlatih soal-soal
|
15%
|
8(1)
8(2)
|
|||||||||
9
10
|
|
Ujian Tengah Semester
(UTS)
|
|
|
|
|
|
Ujian tulis terjadwal
Buka rumus 1 hal A4
|
30%
|
11(1)
11(2)
|
Mahasiswa mampu
menghitung nilai integral suatu fungsi dengan menggunakan teknik teknik
integrasi yang sesuai.
|
Integral tak tentu
|
Integral tak tentu:
Teknik-teknik integrasi 1
Teknik-teknik integrasi 2
Teknik-teknik integrasi 3
Pengenalan persamaan diferensial, notasi jumlah dan
sigma
Luasan, integral tertentu
Teorema fundamental kalkulus, Sifat integral tertentu.
|
(1)
|
Dosen
menjelaskan tentang materi “ Integral,
teknik-teknik integrasi”.
Dosen
memberikan kesimpulan tentang materi yang telah diajarkan kepada mahasiswa.
|
LCD projector, papan tulis
|
Mahasiswa mampu
menyelesaikan soal –soal latihan dalam bentuk tes, atau pekerjaan rumah
dengan benar
|
Tes pendek, pekerjaan rumah untuk berlatih soal-soal
|
5%
|
12(1)
12(2)
|
|||||||||
13(1)
13(2)
|
Mahasiswa mampu
menghitung luas, volume, panjang kurva, momen, kerja dan pusat massa
menggunakan integral tertentu.
|
Penerapan Integral
|
Penerapan Integral:
Luas daerah
Volume benda putar1
Volume benda putar2
Panjang bidang kurva
Kerja, Momen, pusat massa
|
(1)
|
Dosen
menjelaskan tentang materi “ Penerapan
Integral”.
Dosen
memberikan kesimpulan tentang materi yang telah diajarkan kepada mahasiswa.
|
LCD projector, papan tulis
|
Mahasiswa mampu
menyelesaikan soal –soal latihan dalam bentuk tes, atau pekerjaan rumah
dengan benar
|
Tes pendek, pekerjaan rumah untuk berlatih soal-soal
|
5%
|
14(1)
|
|||||||||
14(2)
|
|
Kuis II dan review materi UAS
|
Materi Kuis meliputi bahan setelah UTS
|
(1)
|
|
|
Mahasiswa mampu
menyelesaikan soal kuis II dengan benar
|
Tes tertulis, buka rumus 1 hal A4
|
15%
|
15
16
|
|
Ujian Akhir Semester (UAS)
|
|
|
|
|
|
Ujian tulis terjadwal
Buka rumus 1 hal A4
|
30%
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar